Home / Headline News / Polres Jember Amankan 12 Ton Pupuk Bersubsidi

Polres Jember Amankan 12 Ton Pupuk Bersubsidi

29 pupuk jemberTribratanewsJatim.com: Kebocoran distribusi pupuk bersubsidi hampir terjadi diseluruh daerah di Indonesia. Praktek penyimpangan terhadap peruntukkan pupuk bersubsidi selama ini, yang seharusnya hanya untuk petani di sektor tanaman pangan diselewengkan ke sektor perkebunan dan  perusahaan pemilik usaha pertanian / perkebunan.

Parahnya lagi dalam beberapa kasus yang terungkap ribuan ton pupuk urea bersubsidi diselundupkan ke luar negeri. Potensi Penggunaan Keuangan negara dalam pengadaan pupuk bersubsidi yang kemudian dalam prakteknya terdapat penyalahgunaan, hal ini yang membuat pemerintah serius dalam upaya penegakan hukumnya.

Maraknya penyimpangan pupuk bersubsidi,  telah menjadi atensi khusus  Kapolres  Jember  AKBP. M. Sabilul Alif, SH SIK. Dan selama ini Polres Jember telah melakukan upaya penyelidikan guna pengungkapan kasus seperti ini.

Terbukti, Kamis (29/10/2015) Polres Jember berhasil  mengamankan sekaligus menyita barang bukti penyalahgunaan pupuk bersubsidi sebanyak 12 Ton Pupuk Jenis Urea , Za dan Ponska dari pelaku yang berinisial  HS , Warga Desa Pakis Kecamatan Panti- Jember, Jawa Timur.

29 pupuk jember 1Pengungkapan kasus ini berawal dari informasi masyarakat yang mengungkapkan adanya pasokan pupuk bersubsidi di Ex Perkebunan PDP Ketajek Desa Suci, Kec panti, Jember. Info ini lantas direspon cepat oleh Sat Reskrim Polres Jember dengan menerjunkan 10 Personil ke TKP untuk mengecek kebenaran keberadaan penimbunan pupuk bersubsidi.

“ Kemarin malam kami langsung mengirim anggota ke TKP, dan benar adanya kami berhasil menemukan barang bukti pupuk bersubsidi yang disimpan di Tiga Gudang perkebunan setempat, “ kata AKP Agus  Suprianto, Kasat Reskrim Polres Jember.

Adapun dari data yang tercatat saat barang bukti diamankan Pihak Kepolisian, sebanyak 103 Sak diamankan dari Gudang Afdeling Besaran , 70 sak berada di Gudang Afdeling Kahyangan, dan dari Gudang Afdeling Jerukan diperoleh  67 sak. Sore tadi semua barang bukti berikut pelaku sudah dibawa ke Mapolres Jember.

“ Kami masih melakukan pendalaman kasus ini, karena sampai saat ini pelaku  sementara  dalam proses pemeriksaan penyidik, “ ujar Kasat Reskrim. (hpj/mbah heru)

Foto: pupuk

 

 

About adminku

Check Also

RIBUAN JAMAAH PENUHI LAPANGAN SAMBIROTO DALAM RANGKA GEBYAR SHOLAWAT YANG DI ADAKAN PSHT RANTING KAPAS

BOJONEGORO- Ribuan warga desa Sambiroto kecamatan kapas memadati lapangan desa sambiroto sabtu 22/07/2017 malam, dalam …