Home / Analisa Pewarta / Lomba Peduli Tetangga, Wakasat Binmas Polres Sidoarjo Sampaikan Bangun Kembali Kesadaran

Lomba Peduli Tetangga, Wakasat Binmas Polres Sidoarjo Sampaikan Bangun Kembali Kesadaran

Kamis tanggal 16 Maret 2017 team penilai Lomba Inovasi Peduli Tetangga dari Polres Sidoarjo yang dipimpin oleh Wakasat Binmas Polres Sidoarjo AKP Djuned mengunjungi Desa Bohar yang mewakili Kecamatan Taman dalam lomba tersebut.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri Kapolsek Taman Wakapolsek Taman Polres Sidoarjo beserta anggota Binmas Polsek Taman Polres Sidoarjo Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Bohar, Forpimka  Kec Taman, Kepala Desa Bohar, Perangkat Desa, Kelompok Ibu PKK,  tokoh Agama, tokoh Masyarakat, dan  Ketua Rt – Rw Desa Bohar, adapun yang bertindak sebagai team juri / panitia penilai yakni dari  Polres Sidoarjo, Sat Pol PP Kab, Dinas Kesehatan dan Bakesbang Kab Sidoarjo.

Hal pertama kali yang dinilai adalah kelengkapan administrasi yang ada dalam Rt.13 Rw.07 Desa Bohar berupa buku register identitas warga, kejadian dan kegiatan di lingkungan Rt. Dilanjutkan dengan penilaian kebersihan lingkungan RT dan Inovasi warga dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan dalam kehidupan bertetangga di lingkungan sekitar.

Wakasat Binmas Polres Sidoarjo AKP Djuned menyampaikan bahwa melalui Lomba Inovasi Peduli Tetangga ini, pihaknya berharap dapat membangun kembali kesadaran, bahwa bertetangga bukanlah soal kedekatan tempat tinggal. Bukan sekadar komunikasi sewaktu-waktu, dan bukan sebagai tempat berkembang biaknya persoalan, tapi juga tempat menemukan jalan keluar, saling berbagi dan saling menjaga satu sama lain guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta menciptakan lingkungan masyarakat yang nyaman dan sejahtera.

Menjadi warga negara yang baik dimulai dengan menjadi tentangga yang baik. Bertetangga bisa menyelesaikan banyak masalah bersama. Dengan terciptanya kesadaran bertetangga  dimulai dari kelompok kecil di lingkungan masyarakat seperti lingkungan RT diharapkan dapat meluas hingga mencakup Kabupaten Sidoarjo sehingga upaya membangun kerukunan antar warga dapat terlaksana dan penyelesaian masalah antar warga dapat teratasi dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *