Home / Headline / Hutan Pinus di Ponorogo Terbakar, Empat Tewas

Hutan Pinus di Ponorogo Terbakar, Empat Tewas

29 Hutan Pinus PororogoTribratanewsJatim.com:  Kebakaran hutan pinus di petak 49 seluas 5 hektar terletak di Desa Ngilo, Dusun Bimbing, Kecamatan Slahung, Ponorogo, Jawa Timur  mengakibat 4 tewas, Kamis (29/10/2015).

Saksi mata mengatakan, kronologi kejadian siang itu,  sebelum tubuh terbakar, petugas dari Polisi Hutan (polhut) bernama Suyitno (meninggal dunia) mengetahui dan melihat ada asap yang berasal dari hutan. Kemudian Suyit bersama sekitar 20 warga atau sukarelawan secara bersama sama mencari tahu asal sumber asap yang berada di diseberang gunung.

Untuk mencapai ke sana, mereka jalan kaki sekitar 1 kilometer naik keatas hutan pinus yang berada di pegunungan.  Saat sudah menyeberangi pegunungan hutan pinus dari atas terlihat beberapa titik api yang sedang membakar pohon pinus termasuk daun daun kering yang berada disekitarnya.

Mengetahui hal itu, mereka berupaya untuk melakukan pemadaman, namun tiba tiba angin kencang dengan cepat membuat kobaran api merembet disekitar pohon lainnya. Mengetahui angin kencang dan kobaran api inilah, mereka berupaya lari untuk menyelamatkan diri.

29 hutan pinusTanpa diduga, 4 diantara 20 warga yang lari untuk menghindar dari kobaran apai ternyata terjatuh dari pegunungan, sehingga keempat orang yang terjatuh  dari pegunungan sempat terperangkap kobaran api. Akibatnya nyawanya tidak bisa terselamatkan, karena sekujur kulit tubuh melepuh terkabar.

Berikut identitas 4 korban yang meninggal masing masing Suyitno (42)  petugas Polhut warga Desa Karang Patihan, Balong, Ponorogo. Jaimun (48) dan Paisun (25)  serta Budianto (35) sukarelawan, warga Dusun Blimbing, Desa Ngilo, Slabung, Ponorogo.

Musibah yang mengenaskan itu segera dilakukan penanganan oleh anggota Polsek Slabung, Polres Ponorogo, unit identifikasi dan tim kesehatan  dari Puskesmas Slabung melakukan pengamatan di lokasi kejadian berada di atas pegunungan yang jauh dari lokasi pemukiman, ini akses jalan melewati pegunungan dan jurang.

29 hutan pinus poSelain itu, mengidentifikasi 4 jenasah dibantu Kepala Desa setempat dan setelah berhasil, para korban diserahkan kepada keluarganya masing masing dengan disaksikan oleh Kepala Desa, pihak Perhutani, koordinasi dengan pihak Muspika  untuk dapatnya mengantisipasi  kemungkinan api menjalar kembali.

Meski kobaran api sudah berhasil dipadamkan. Namun masih ada bara api pada pohon pinus dan ranting disekitar hutan pinus, yang dikawatirkan api menyala kembali karena kondisi alam atu angin. (mbah heru)

Foto: para  korban yang berhasil diidentifikasi

 

 

 

About adminku

Check Also

RIBUAN JAMAAH PENUHI LAPANGAN SAMBIROTO DALAM RANGKA GEBYAR SHOLAWAT YANG DI ADAKAN PSHT RANTING KAPAS

BOJONEGORO- Ribuan warga desa Sambiroto kecamatan kapas memadati lapangan desa sambiroto sabtu 22/07/2017 malam, dalam …